Rabu, 17 Desember 2008

Bank Sumut Syariah Berbagi


Bertempat di aula Bappeda Kota Padangsidimpuan, pada 19 Juni 2008, dilaksanakan acara sosialisasi UMK dan Asuransi. Bertindak sebagai narasumber adalah : Ari Asriadi dari Bank Sumut Syariah (BSS), Ir. Sahat dari PT Asuransi Jiwasraya dan Kalla Manta, TA Kebijakan Publik KMW 5. Pembawa acara Irmadiani dari Dinas Kesehatan dan moderator, Dra Replita dari LSM FWM (Forum Wanita Mandiri). Acara diikuti oleh 39 orang sebagai perwakilan dari 39 BKM yang telah terbentuk. Serta dihadiri oleh perwakilan SKPD : PU, KB, BPMD, Bappeda dan Pertanian. Pendanaan bersumber dari Pihak BSS (Rp. 3.500.000), PT Jiwasraya (Rp. 500.000) dan swadaya Bappeda – Koorkot. Selain berbagi dalam kegiatan sosialisasi UMK dan Asuransi, pihak Bank Sumut Syariah juga telah berperan aktif dalam memberikan dukungan untuk pelaksanaan kegiatan PNPM MP di Kota Padangsidimpuan, yaitu :

1.Bantuan buku untuk Taman Bacaan di Desa Purba Tua Padangsidimpuan Tenggara.
2.Bantuan buku untuk Taman Bacaan di Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan.
3.Bantuan lemari arsip untuk Forum BKM Kota dan KBP/Pokja PAKET (2 unit).
4.Bantuan kaos untuk anggota KBP (16 buah) dan Pokja PAKET (11 buah).
5.Bantuan fasilitasi KSM ekonomi untuk mengikuti UMK Award yang diadakan Bank SUMUT.
6.Bantuan spanduk dalam acara : Simbolis BLM I lokasi 2006 (Mei 2007), Workshop Role Of Function (31 Maret 2008), Lokakarya dan Orientasi PNPM MP (17 Juni 2008), Lokakarya PAKET (18 Juni 2008), Ekspose BKM 2007 (22 September 2008) dan peletakan batu pertama kegiatan rehab rumah di Aek Tampang (3 Nopember 2008).

Jelang tutup tahun 2008, Pihak Bank Sumut Syari’ah sedang mencoba untuk membantu pengadaan jaket bagi Pokja PAKET dan Tim Satker. Hal lain yang diupayakan adalah bantuan kalender 2009 untuk seluruh BKM. Selanjutnya sedang diupayakan pentitipan dana dari pihak Bank pada BKM yang memiliki RR di atas 90%, pemberian pinjaman secara individu/kelompok bagi masyarakat/KSM yang telah dilayani oleh UPK/BKM, Penyelenggaraan BKM Award dengan melakukan penilaian terhadap seluruh aspek kinerja BKM dengan melibatkan Bappeda, Perguruan Tinggi dan BSS sebagai tim penilai (Maret 2009), Pendampingan pembentukan LKM/BMT bagi BKM yang mendapat Award, Pendampingan dan pelibatan BKM dalam MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) dan Pendampingan dan pelibatan BKM dalam kegiatan CSR (Community Social Responsibility atau bantuan ZIS – Zakat Infak Sadaqah). Kiranya kemitraan ini dapat terus berlanjut.

Tidak ada komentar: