Minggu, 30 November 2008

TRAKTOR DI HUTA PADANG


Perkembangan pengadaan traktor di Desa Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan Propinsi Sumatera Utara diawali dari sulitnya petani dalam rangka pengolahan lahan sawah dan pengangkutan hasil pertanian.

Pengadaan traktor didanai dengan BLM I senilai Rp. 9.200.000 yang direalisasikan pada Maret 2008. Acara serah terima dilaksanakan secara simbolis yang dihadiri Kepala Desa, Korkot 1 KMW 5 dan PJOK. Perkembangan sampai saat ini cukup baik di mana hasil dari sewa traktor setelah dikurangi biaya perawatan, BBM, pengemudi dan kas, diberikan dalam wujud bantuan pendidikan untuk anak yatim piatu.

Ketua KSM Martunas, Mihwan Dalimunthe - sebagai pengelola traktor, menyatakan ”Bantuan pendidikan tersebut direncanakan akan dilaksanakan sampai wajib belajar 9 tahun dapat diselesaikan oleh anak yatim piatu penerima bantuan. Sedangkan untuk petani dapat memperlancar kerja di lahan sawah”.

Pada 23 Juni 2008, setelah pemakaian selama 3 bulan, KSM Martunas menyalurkan dana bantuan pendidikan. Acara penyerahan bantuan dilaksanakan di sekretariat BKM Maju Bersama Desa Huta Padang yang dihadiri oleh Askot CD, Sri Wahyuni dan Askot Manajemen Keuangan, Rd Agus Vuttawan serta Kepala Desa Huta Padang, Ali Habsi Harahap.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Huta Padang menyatakan, ”Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak kami dan kegiatan ini dapat berlangsung terus menerus”. Sedangkan Askot CD Sri Wahyuni memberikan sambutan, ”Ini sungguh pekerjaan yang hebat dan mulia. Saya salut dan bangga kepada masyarakat Desa Huta Padang yang telah bersungguh-sungguh dalam mengelola traktor ini. Hal ini adalah bukti keseriusan dari KSM selalu pengelola beserta masyarakat setempat dalam mengemban amanah bahwa hasil traktor ini benar untuk bantuan pendidikan anak yatim piatu di Desa Huta Padang”.

Berikut adalah nama-nama anak yatim piatu yang mendapatkan bantuan pendidikan dari hasil sewa traktor tersebut : 1. Halimah, 2. Kifli, 3. Nur Ainun, 4. Sari, 5. Isa, 6. Amelia dan 7. Elfi Sari. Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan usulan yang disampaikan oleh anak-anak tersebut selaku penerima manfaat, antara lain berupa sepatu dan seragam sekolah. Total bantuan yang diberikan senilai Rp. 480.000. KSM Martunas sampai saat ini memiliki dana kas dan perawatan sejumlah Rp. 450.000. Selanjutnya pada pertengahan Nopember 2008, direncanakan akan dilaksanakan penyerahan bantuan tahap kedua. (TF 10 KK1 - KMW 5 Kota Padangsidimpuan).

Tidak ada komentar: